14 Mei 2010

FunBike Hari Jadi Kota Surabaya



Pada funbike kali ini, dalam memperingati hari jadi kota Surabaya, sedianya kelompok kami yang akan ikut cukup banyak, sekitar 16 orang, namun karena berbagai hal, yang ikut hanya beberapa orang saja. P.Darji, P.Bakti, P.Syamsi, Mas Norif, Mas Bandi, P.Mudhar, Mas Santo, dan Mas Muamar. Minggu, 9 Mei 2010, pukul 05.00 kami berangkat dari sekolah menuju ke balai kota. Sampai di sana sudah banyak peserta funbike dan peserta jalan sehat. Karena hari itu memang kegiatan funbike dijadikan satu dengan kegiatan jalan sehat. Kami tidak tahu kalau peserta funbike sudah berjalan. Sehingga kelompok kami termasuk kloter terakhir yang meninggalkan garis start. Perjalanan dimulai dari balai kota menuju tugu pahlawan, dilanjutkan menuju jalan kolombo, menembus kalianak. Di sini saya sempat memotret keunikan di kalianak. Sampai di terminal Osowilangun perjalananan belum separuh. Sampai dijalan menuju TPA Benowo, jalan sempat macet karena mobil sampah dari dinas kebersihan, mobil umum, dan peserta funbike yang jumlahnya ribuan memadati jalan yang lebarnya tidak lebih dari 3 meter. Tak ayal lagi banyak peserta yang mengumpat, ngrundel, dan mencacimaki kinerja panitia yang tidak siap dengan keadaan jalan yang seperti itu.


Keadaan tambah kacau karena jalan dipenuhi dengan lumpur, praktis peserta funbike hanya menuntun sepeda tertatih-tatih. Melewati jalan yang panjangnya tidak lebih dari 200 meter saja kita memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Pemborosan waktu. Apalagi ketika melewati truk pengangkut sampah yang memang tidak bisa jalan, alamak bau tidak sedap terpaksa kita hirup bersama-sama. Setelah melewati itu, kita dihadapkan pada jalan yang aspalnya sudah mengelupas. Sampai di pos 1, yang seharusnya dipakai untuk beristirahat, ternyata tempatnya jauh dari nyaman. Sehingga jarang peserta yang beristirahat di pos ini. Saya, dan P.Darji sempat mampir di warung, karena sejak pagi belum sarapan. Saya hanya membawa bekal roti. Itu pun sudah habis. Di warung kebetulan ada dua menu, ayam dan bebek, saya dan P.Darji memilih bebek. Wah pilihan kali ini ternyata tepat, masakannya tidak mengecewakan, satu piring tandas, habis. Itu pun masih ditambah segelas teh hangat. Tenaga menjadi pulih kembali. Lagi enak-enak makan Mas Norif, Mas Bandi dan Mas Santo lewat. Mereka mampir menemani kami.
Perjalanan dilanjutkan menuju etape dua. Kelompok kami berkumpul kembali. Sehingga kami berangkat bersama-sama lagi. Perjalanan kali menuju ke daerah Citraland, jalannya cukup mengasyikan sempat menguras tenaga, yang memang sudah terkuras. Beberapa kali jalan menanjak. Dari Citraland dilanjutkan ke Pakuwon Mall yang berhimpitan langsung dengan kampus Unesa di Lidah Kulon. Setelah berbelok kiri bertemu jalan HR. Muhammad. Di jalan ini kami sekelompok mulai berpencar sendiri-sendiri. Tenaga tinggal satu dua dan tiga. Karena jam sudah menunjukkan pukul 11.00, kami berkesimpulan dibalai kota kupon sudah diundi, sehingga kami sepakat untuk langsung pulang ke rumah masing-masing.
Sebagai bahan evaluasi untuk panitia funbike :
1. Jalur funbike memang menantang bagi professional, tapi bagi peserta umum terlalu berat.
2. Panitia kurang jeli dalam memilih jalur funbike, terlihat dari pemilihan jalur yang sejalan dengan truk pengangkut sampah. Dan lagi jalan itu sempit.
3. Penempatan pos pemberhentian yang tidak tepat, dan tidak nyaman
4. Jumlah hadiah yang tidak memadai dibandingkan dengan panjang jalur yang harus dilalui
5. Panitia terburu meninggalkan pos yang menjadi tanggungjawabnya, sehingga ada beberapa kelompok salah jalan.
Walau banyak kekurangan, tapi tetap semangat funbike.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar