16 Mei 2008

Pura Tanah Lot





Pada hari ketiga Bali Fantasy Tour 2008, rombongan kami yang terdiri dari empat bus menyempatkan diri mengunjungi Pura Tanah Lot. Sampai di tempat parkir, seluruh rombongan turun dari bus, dan selanjutnya masuk ke areal wisata Pura Tanah Lot. Sebelum sampai ke tempat tujuan, kami melewati banyak penjual cinderamata khas Bali. Sepanjang jalan, kiri dan kanan kios-kios cinderamata berjajar dengan rapi. Sebagian besar menjual kaos bergambar citra panorama Bali. Ada juga yang menjual gantungan kunci unik, yang terbuat dari bambu kuning, diukir menggunakan panas dari listrik. Bisa ditebus hanya lima ribu rupiah. Yang tidak kalah maraknya adalah penjual lukisan, dan foto panorama Bali yang dikemas dalam bentuk poscard. Biasanya anak-anak kecil akan menawarkan poscard tersebut pada wisatawan asing.

Pura Tanah Lot merupakan salah satu alternatif objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Objek wisata ini terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Hal unik yang bisa kita jumpai di sini yaitu adanya pura yang berdiri dengan anggun di atas bukit batu besar di pinggir laut selatan. Pura ini bernama Pura Pakendungan, atau lebih terkenal dengan sebutan Pura Tanah Lot, yang berarti tanah di tengah laut. Kalau air lagi surut kita bisa melihat Pura Tanah Lot dari dekat, namun tetap tidak diperkenankan untuk masuk, kecuali bagi yang ingin bersembahyang.

Melihat deburan ombak laut selatan yang pecah ketika membentur karang di sekitar Pulau Pura Tanah Lot sangat mengasyikan, apalagi kalau ada waktu luang, kita bisa menikmati indahnya matahari yang akan tenggelam pada sore hari (sunset). Guratan merah memendar menghiasi cakrawala, seperti wajah seorang gadis tersipu malu.

2 komentar:

  1. Great ocean landscape photos, really superb.

    BalasHapus
  2. Wow nice picture


    Visit: http://www.tanahlot.net

    BalasHapus